-->

Kenapa anak-anak tidak mau shalat ?

advertise here
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kenapa anak-anak tidak mau shalat ?

            Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menguraikan dan memberi solusi tentang masalah Kenapa anak-anak tidak mau shalat ?

            Dalam sehari semalam Allah memerintahkan hamba-hambanya untuk menunaikan shalat sebanyak 17 raka’at atau 5 waktu dari pertama keluarnya fajar hingga malam tiba. Adapun shalat itu sendiri merupakan pondasi atau tiang agama. Shalat ini diwajibkan hanya untuk orang-orang tertentu saja, yakni orang-orang yang sudah baligh,berakal,taklif.
            Cara mengetahui orang baligh,pertama bagi laki-laki yakni sudah mengalami Mimpi muntah ( Ihtilam ), sampai pada suatu hari pernah adaseorang anak kecil bertanya kepada saya.
            “ Ustaz,semalam saya bermipi muntah “ kata anak kecil itu.
            “ Muntah yang bagaimana ? “ kata saya.
            “ Muntah lewat mulutlah seperti biasa “ katanya.
            “ Ooo, bukan dengan mulut yang itu,pokoknya ada lah “ jelas saya.
Adapun bagi perempuan cara mengetahui sudah baligh, adanya 2 Men. Baik Mentruasi maupun mencret. Bagi orang-orang yang sudah memilki tanda-tanda ini sudah diwajibkan untuk shalat. Bagi orang-orang yang belum mengalami tanda-tanda itu belum diwajibkan untuk shalat namun wajib bagi orangtua untuk memerintahkan anak-anaknya untuk shalat.

            Rasulullah saw. bersabda :
                        “ Perintahkan anak-anakmu apabila mereka sudah menginjak umur 7 tahun, apabila mereka sudah berumur 10 tahun tidak mau shalat, maka pukullah.. “
Kesimpulannya :

            Dari hadist di atas dapat kita simpulkan bahwa kita sebagai orangtua harus  memerintahkan anak-anak untuk shalat dari masa dia kecil,supaya mereka terbiasa melakukan shalat. Karena juga ada pepatah mengatakan “ Ala bisa karena biasa “.

            Tapi yang sangat kita sayangkan, banyak anak-anak sekarang sangat malas untuk mengerjakan shalat, sehingga tabi’at-tabi’at seperti ini terbawa hingga dia dewasa nanti. Banyak sekarang anak-anak lalai dengan permainan yang mereka lakukan dengan kawan-kawan sebayanya.
            Ada baiknya jika mereka bermain dalam pemantauan orangtua dan orangtua juga harus mendidik dengan cara tegas, anak kecil boleh dimanja tapi ada batasnya. Orangtua harus memantau waktu belajar mereka, waktu bermain, waktu tidur, waktu makan, bahkan waktu shalat.
            Anak-anak lebih suka sugesti. Misalnya : “ Nak, kalau kamu rajin shalat kamu bapak belikan sepeda “.  Kalau orangtua-orangtua tidak berperan aktif dalam menjaga dan mendidik anak-anaknya, maka mereka akan susah dinasehati nantinya. Apalagi sekarang kita berada di zaman modern,zaman yang kebanyakan memakai barang-barang canggih. Anak-anak zaman sekarang banyak yang lalai dengan handphone ( Hp ), internet. Dikala azan dikumandangkan si mesjid-mesjid, banyak anak-anak yang masih nongkrong di warung internet ( warnet ),ini sangat memprihatinkan. Apalagi budaya itu sekarang sudah masuk ke desa-desa, ini sangat berbahaya jika dibiarkan, apalagi negeri kita ini negeri yang bermayoritas umat Islam khususnya Aceh yang dikenal dengan gelar “ Seuramoe meukkah “ serambi mekkah.
            Berdasarkan pengalaman-pengalaman yang saya temukan, mungkin ini beberapa kendala anak-anak malas untuk shalat :
1.      Anak-anak kurang didikan dari orangtuanya
2.      Orangtua mendidik anak-anaknya kurang tegas
3.      Bebasnya pergaulan
4.      Kurangnya pemahaman tentang agama khususnya bagi orangtua
5.      Orangtua sering memberikan uang jajan dalam jumlah besar bagi anak-anak agar mereka bisa puas berfoya-foya
6.      Anak-anak yang terlalu di manja
7.      Maraknya alat-alat canggih seperti : Hp, internet, dll

Dan berdasarkan kajian-kajian yang saya lakukan munkin ini beberapa solusinya :
1.      Pendidikan yang diberikan harus mantap
2.      Pantauan orangtua dalam kehidupan sehari-hari
3.      Memberi sugesti
4.      Peran aktif orangtua dalam menjaga waktu
5.      Mendidik dengan tegas


Hanya sekian dari saya, mungkin ada dari para pembaca silahkan dikomentar atau kirim solusi dan kendala  Kenapa anak-anak tidak mau shalat ? di facebook saya :

Email                     :           rizal96_izal@yahoo.com
Nama profil                       :           Arizal d’kenshi

Kalau ada dari penulisan-penulisan saya yang salah harap dima’afkan dan dimaklumi karena saya masih dalam masa belajar, hanya ini yang dapat saya sampaikan lebih dan kurang saya minta ma’af.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


“ Kalau anda bukan seorang anak raja atau bukan seorang anak ulama besar, maka jadilah penulis...!! “ kata Imam Syafi’i

Terimakasih telah berkunjung di blog saya !!!
Semoga apa yang saya bagikan bermanfaat bagi anda.
Silahkan kirim kritik & saran melalui kolom komentar !!!

Click to comment